Hadiri Kunjungan Menhub Budi di PT Inka, Wali Kota Sambut Baik Kerja Sama Kemenhub-BUMN-Kemendikbud

Di Posting Oleh madiuntoday

17 Juli 2022

MADIUN – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali berkunjung ke Kota Madiun. Menhub berkunjung ke PT Inka persero untuk memastikan progres pengerjaan bus listrik yang akan digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali November mendatang. Selain itu, dalam pertemuan itu juga dilakukan kerja sama antara BUMN dengan Kemendikbud terkait pengembangan kereta ringan berbasis hybrid dan kereta cerdas. Wali Kota Madiun, Maidi juga turut dalam pertemuan tersebut.

‘’Hari ini kami memastikan kembali progres daripada pembangunan bus yang akan digunakan di Bali. Harapannya tentu bisa lebih dipercepat mengingat waktunya yang sudah terlalu pendek,’’ kata Menhub Budi usai pertemuan, Minggu (17/7).

Bus, kata menhub, harus dipersiapkan benar. Terutama terkait fungsi keamanan dan keselamatannya. Bus, lanjutnya, tentu berbeda dengan kereta yang memiliki jalur sendiri. Artinya, tingkat kecelakaan lebih rendah daripada kendaraan di jalan raya. Menhub berharap hal itu diperhatikan benar.

‘’Berbicara terkait transportasi, tentu savety merupakan yang utama. Apalagi, bus ini akan dioperasikan di jalan raya yang tentu saja tingkat crush-nya lebih tinggi. Belum lagi nanti dibawa naik turun di jalur perbukitan. Jadi rangka-rangkanya harus diperhatikan benar,’’ ungkapnya.

Sedang terkait kerja sama, Menhub menyebut kerja sama akan membawa banyak manfaat ke depan. Di antaranya, membuka ruang kerja baru bagi kedua belah pihak sampai urusan riset ke depan. Menhub berharap adanya kerja sama tersebut juga memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah setempat.

‘’Pak wali harus berbangga karena Kota Madiun menjadi tempat deklarasi kolaborasi bersama antara Kementerian BUMN dan Kemendikbud. Saya rasa ke depan akan ada banyak manfaat,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Menhub ke Kota Madiun. Kolaborasi tersebut tentunya tentunya disambut baik wali kota. Artinya, akan semakin membuka ruang pengembangan SDM di Kota Madiun. Pemerintah Kota Madiun juga terus berupaya mengembangkan SDM salah satunya melalui bantuan beasiswa bagi mahasiswa.

‘’Tentu saja ini menjadi awal yang baik. Mahasiswa kita punya kesempatan meningkatkan SDM dengan riset-riset bersama BUMN, khususnya PT Inka,’’ ungkapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait