Antusias Masyarakat Tinggi, Pemkot Beri Pelatihan Budidaya Lebah Madu di Nambangan Kidul

Di Posting Oleh madiuntoday

18 Juli 2022

MADIUN – Upaya budidaya lebah madu terus dioptimalkan di Kota Madiun. Pelatihan kepada masyarakat juga semakin diperbanyak. Terbaru, Pemerintah Kota Madiun melalui kelurahan melakukan pelatihan kepada masyarakat Kelurahan Nambangan Kidul, Senin (18/7). Pelatihan semakin spesial lantaran dihadiri Wali Kota Madiun, Maidi.

‘’Kota ini akan kita jadikan pabriknya madu. Antusias masyarakat cukup baik, makanya yang semangat-semangat ini kita beri pelatihan,’’ kata wali kota.

Budidaya lebah, kata wali kota, tidak perlu memberik makan. Lebah sudah mencarinya sendiri. Artinya, ini tidak perlu upaya ekstra. Pun, cocok dengan masyarakat Kota Madiun yang didominasi pekerja. Perawatan bisa dilakukan sepulang kerja. Hanya, tentu perlu tahu ilmunya.

‘’Lebah bisa mencari makanannya sendiri. Tetapi kita juga harus tahu bagaimana membuat lebah itu nyaman dan mudah mencari makanannya. Ilmu-ilmu ini bisa maksimal kalau disampaikan ahlinya,’’ ungkap wali kota.

Wali kota tidak hanya mendorong masyarakat untuk pengembangan diri dengan budidaya lebah tersebut. Wali kota juga memacu masyarakat dengan menggelar lomba. Madu yang dihasilkan akan berkualitas tinggi jika lingkungan sekitar tempat budidaya mendukung. Itu tentu saja tergantung pemiliknya. Nah, madu yang dihasilkan masing-masing peternak yang mengikuti pelatihan akan dilombakan.

‘’Kita lombakan. Kalau menang kita tambah lebahnya. Jangan baru pelatihan sudah minta tambah lebah. Buktikan dulu, kalau memang berhasil, kita tambah,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait